Ratusan santri pondok pesantren hidayatullah surabaya melakukan kegiatan refreshing subuh bersama dengan jamaah sholat subuh di masjid Aqshal madinah.

Kegiatan refreshing ini dilakukan langsung dengan jamaah usai wirid sholat subuh, baik teman/santri maupun ustad melakukan kegiatan ini. Melalui satu ustadz yang menjadi instruktur, berdiri di depan memberi instruksi.

Dimulai dengan instruksi untuk merapatkan barisan berbanjar bisa juga bershaf, lalu kedua tangan diletakkan dibahu santri yang duduk didepannya kemudian digerakkan tangan untuk memijat-mijat bahu.

Instruktur sesekali memberikan arahan kapan melakukan gerakan pijat memijat ini dengan lembut, agak bertenaga, dan dengan penuh tenaga atau sering dikenal dengan gerakan pijat hujan rintik-rintik, hujan batu, dan hujan badai. “Hadap kanan”, aba-aba instruktur terdengar kembali. Selanjutnya giliran jamaah yang berada di belakangnnya yang merasakan nikmat dipijat dengan penuh keikhlasan.

Baca Juga : Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Instruktur menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk merefresh diri agar tidak ngantuk dan bisa melanjutkan aktivitas selanjutnya yang satu rangkaian dengan kagiatan yang ada di pondok pesantren hidayatullah surabaya. “nanti biar gak ngantuk saat kegiatan selanjutnya,” ujarnya.

Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri melainkan banyak orang yang merasakan manfaatnya, karena saling memberi semangat baru di pagi hari dengan pijatan-pijatan yang menyegarkan badan dan otak sehingga memulai atau melanjutkan aktivitas selanjutnya dengan penuh semangat. /[MSF]

Follow IG: @hidayatullahsurabaya
? Facebook : ponpeshidayatullah
?? E-mail : pphsby@gmail.com
?? Website : www.hidayatullahsurabaya.com / hidayatullahsby.ponpes.id
?? Youtube : hidayatullah Surabaya
?? Location : Surabaya, East Java, Indonesia, South East Asia

#luqmanalhakimsurabaya
#hidayatullahsurabaya
#sekolahislamsurabaya
#fulldayschoolsurabaya
#sekolahunggulansurabaya
#sekolahfavoritsurabaya
#sekolahtahfidzsurabaya
#sekolahtauhid
#sekolahjuara
#sekolahtahfidz
#sekolahislam
#sekolahhijab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *