ROADMAP KEPEMIMPINAN SEKOLAH UNGGULAN

Pada saat overview materi peserta diajak mentadaburi QS 61:9 dan 9:128 sebagai rujukan dalam melakukan refleksi kepemimpinan yang diampu oleh Rasululloh SAW. Rasululloh SAW telah memberikan keteladanan bagaimana sistem kepemimpinannya mampu menghadirkan Sumber Daya Muslim terbaik sebagai arsitek dan aktor perubahan, mewujudkan peradaban madani.

Kepemimpinan Pendidikan Islam harus terus menerus mengeksplor nilai-nilai kepemimpinan dalam Al-Quran dan As-Sunah serta Siroh Nabawiyah bersama para ‘Alim Ulama yang hanif.

Baca Juga : Desain Sekolah Unggulan

Pada sesi berikutnya peserta diajak untuk mengkaji dan memahami klausul 5 dalam ISO 9001:2015 yang menjadikan leadership sebagai penggerak utama (engine) dalam pusaran PDCA yang ada dalam sistem manajemen mutu (Quality Management Systems).

Dengan kajian klausul 5 ISO 9001:2015 yang terintegrasi Sistem Kepemimpinan Pendidikan Islam insya Allah pada saatnya nanti Lembaga Pendidikan Islam akan menjadi LEMBAGA PENDIDIKAN TERBAIK DI DUNIA yang menjadi wasilah menuju AKHIRAT HASANAH. Allahuakbar !

Ust. Arief A Yudanarko juga berkesempatan mendampingi sesi yang membahas tentang pengembangan LAYANAN PRIMA (excellent service development) di sekolah dan pesantren agar para stakeholder mendapatkan “customer satisfaction”. Dengan layanan prima dan kepuasan pelanggan ini akan menjadikan sekolah dan pesantren sebagai tempat pemberdayaan sumber daya muslim dan konsulidasi ummat dalam mengembangkan peradaban.

Sesi terakhir hari pertama ini membahas tentang perumusan kebijakan mutu organisasi maupun kebijakan mutu kinerja setiap unit kerja.

Bye : Ust. Marni Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *