Islamophobia, Kenapa?

Beberapa waktu terakhir ini sering terjadi penindasan terhadap kaum muslim di belahan dunia. seperti Kejadian yang sedang viral di media sosial sekarang yaitu pelarangan hijab bagi pelajar muslim di India.

Di langsir dari suara.com BC Nagesh, menteri pendidikan Karnataka mengunggah perintah tersebut di Twitter. Ia mengatakan aturan berpakaian sekolah ditetapkan setelah meninjau keputusan pengadilan dari seluruh India.Dia mengatakan kepada BBC jika mendukung sekolah yang melarang penggunaan selendang safron dan hijab.

Beberapa tahun yang lalu juga pernah terjadi penindasan terhadap Muslim Uighur China. Alasan yang melatarbelakangi penindasan terhadap Muslim Uighur ialah karena sikap Islamphobia. Pemerintah china terlalu curiga kepada suku Uighur, mereka curiga bahwa Uighur akan melepaskan diri dari RRC. Di samping itu, pemerintah China juga menganggap bahwa suku Uighur bergabung dengan jaringan teroris.
Salah satu dari sebab adanya sikap islamophobia yaitu karena terlalu mengeneralisir Islam dengan kata terorisme dan radikalisme.

Sebagaimana kasus-kasus Terorisme seperti pengeboman gereja di Surabaya beberapa tahun lalu, ada sekelompok orang yang langsung mengeneralisir Islam dengan kalimat “islam itu radikal”. Seolah-olah mereka ingin membuat opini bahwa Islam itu identik dengan kekerasan/terorisme.

Padahal nyatanya Islam tidak radikal. Islam itu agama yang damai. Isu radikal/terorisme itu hanya di ciptakan oleh orang yang tidak suka dengan Islam. Tujuannya untuk menciptakan islamophobia dan menghambat perkembangan Islam.[]

Penulis : Cahyo (Mahasiswa STAI Luqman Al-Hakim)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Our Facebook Page
Open chat